Etika Komputer

 


Anjani Pramesti

NIM.2201016037

Prodi : BPI-A2




Etika Komputer

Sebagaimana di dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari, di dunia komputer dan internet juga terdapat etika. Karena pemanfaatan komputer dan internet menghubungkan semua pengguna di berbagai tempat, maka akan terbentuk satu atau beberapa kelompok penguna komputer  dan internet, dalam bentuk komunitas ataupun masyarakat digital,masyarakat informasi, masyarakat internet. Selain itu juga mengingat bahwa pengunaan komputer dan internet telah dignakan secara luas di dalam berbagai kegiatan manusia dan perkembangannya pun sangat pesat. Dengan adanya interaksi antarpengguna komputer dan internetinilah, maka diperlukan adanya etika.  

1.      Definisi Etka Komputer

Etika Komputer sangat penting dalam hubungan interaksi antarpengguna komputer, untuk menciptakan suasana yang kondusif. Etika Komputer merupakan aturan bersama yang perlu dipahami dan dipatuhi oleh setiap pengguna komeputer, pada saat mereka berkomputer.

Etika berkomputer didefinisikan sebagai sekumpulan asas dan akhlak dari perbuatan yang dianggap baik dan terpuji, yang berkaitan dengan penggunaan komputer dan interaksi antarpengguna komputer. Etika Komputer sangat berkembang seiringnya perkembangan teknologi komputer dan pemanfaatan komputer diberbagai bidang kehidupan manusia.

2.      Manfaat Etika komputer

Adanya Etika Komputer diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi para pengguna komputer dan pengguna jaringan komputer (terutama internet) di seluruh dunia.  Beberapa manfaat yang diharapkan tersebut (dan terbukti terwujud dengan baik) di antaranya adalah:

1. Menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman bagi setiap pengguna komputer dan internet untuk berbicara, berkomunikasi, dan memungkinkan pengguna untuk mengakses internet sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

 2. Suasana yang nyaman dan kondusif memudahkan proses belajar dan berbagi ilmu di Internet. Ini menjadi lebih baik dan lebih baik yang dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah teknologi komputer dan internet.

3. Terciptanya masyarakat global yang cerdas dan melek  teknologi informasi, termasuk  masyarakat Indonesia.

4. Menciptakan keharmonisan antar pengguna internet di seluruh dunia. Hal ini mempengaruhi keharmonisan antar negara di dunia nyata. Komunikasi daring yang menciptakan keakraban dapat dilakukan secara langsung (secara fisik) melalui pertemuan, seminar, konferensi, dll.

5. Menciptakan proses pemerintahan yang jujur, bersih dan adil dengan hadirnya etika komputer dalam proses musyawarah  dan demokrasi secara online. Informasi pemilu dan kandidat baik di Luar Negeri maupun Indonesia dapat dengan mudah diakses  melalui Internet. Komunitas belajar memenangkan demokrasi dan  pembelajaran implementasi good governance untuk bersama-sama mengawasi perlakuan pemerintah. Misalnya, keberadaan government dan e-government, mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam berpikir, menyumbangkan pendapat dan gagasan secara terbuka dan etis. Hal yang sama berlaku untuk pemerintah dalam menanggapi dan merespons secara terbuka dan etis. 

3.      Etika Komputer di Internet (Netiket)

Terkait dengan etika komputer di Internet, ada istilah yang disebut Netiket. Netiket dapat diartikan sebagai etika yang digunakan saat berinteraksi dengan pengguna internet lainnya secara online. Ada tiga ranah dimana kita semua sebagai pengna internet wajib mengikuti, menaati, dan melaksanakan Nitiket dengan baik. Ketiga ranah tersebut diantaranya meliputi Milis (Mailing List), Forum, dan Jejaring Sosial (Social Network).  Ketiga uraian tersebut dijelaskan pada masing-masing subbab di bawah ini.

A.    Milis (Mailing List)

    Milis atau Mailing List merupakan layanan surat elektronik berantai di jaringan internet maupun intranet, yang banyak digunakan untuk menggantikan fungsi sebuah forum diskusi, di dalam memebahas satu atau beberapa buah topik pembicaraan secara bersama-sama dan online. Penggunaan Milis oleh para anggota di dalamnya hanya mewajibkan adanya kepemilikan akun layanan E-Mail, misalkan akun Goole Mail (untuk Milis Google atau Google Group) dan Yahoo Mail (untuk Milis Yahoo). 

B.     Forum

Forum diskusi online atau lebih umum disebut dengan Forum saja, merupakan salah satu media komunikasi pada jaringan komputer (baik internet, intranet, maupun keduanya), yang mana menyuguhkan layanan yang lebih baik dibandingkan Milis. Di dalam forum disediakan banyak sekali topik bahasan diskusi dalam bentuk Thread. Setiap pengguna dapat memulai diskusi berupa Thread sesuai dengan topik atau kategori yang disediakan. Misalkan mulai Thread diskusi Linux Ubuntu pada kategori Linux di forum Linux Indonesia. Forum juga menyediakan tambahan fitur sisipan file, emoticon, quote, bahkan Chatting dan Video Conference

C.    Jejaring Sosial (Sosial Network)

Etika di dalam penggunaan layanan dan fasilitas pada jejaring sosial (Social Network). Sebagai contoh, salah satu jejaring sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia (termasuk juga di Indonesia) adalah jejaring social Twiter. Twiter menyajikan sejumlah penting layanan dan fasilitas, salah satunya memberikan kesempatan dan kemudahan bagi semua pengguna untuk berbagi informasi, pengetahuan, maupun sekedar menulis status dan kondisi saat ini, ke dalam sebuah kolom status. Para pengguna Twiter lainnya dapat turut serta memberikan komentar maupun penilaian terhadap status yang dibagikan tersebut


Komentar